Follow Now.....!

Minggu, 22 April 2012

PENGOBATAN BEKAM

BEKAM/HIJAMAH
Hijamah berasal dari istilah arab yang berarti pelepasan darah kotor dan bukan Al Fashd ( pembuang darah ) atau dalam bahasa inggris disebut dengan “Cupping” dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah “Bekam” sedangkan di Indonesia di kenal dengan istilah Kop atau Cantuk.
Bekam adalah teknik mengeluarkan sesuatu (darah atau tanpa darah ) yang mengandung racun pada tubuh badan melalui kulit.Bekam merupahkan suatu amalan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.Bekam itu suatu pengobatan yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dan memulihkan sistem imunitas tubuh,memulihkan fungsi tubuh sehingga memberi  banyak harapan pada penderita untuk terus berikhtiar mendapat suatu kesembuhan.
MENGAPA HARUS BERBEKAM
Tubuh yang sehat dan pikiran yang cerdas adalah faktor penting dalam hidup seseorang individu demi melaksanakan tanggung jawab kehidupan mereka.Jika kotoran/toksin dalam badan ini menyebabkan statis darah ( pembekuan darah penyakit ) dimana sistem darah tidak berjalan dengan lancar keadaan ini sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan fisik maupun mental seseorang.
Rasulullah SAW mengharuskan umatnya berbekam dalam setiap bulan (qomariah )yaitu sejak tanggal 15 sampai dengan tanggal 21 setiap bulan atau sekurang-kurangnya satu kali dalam seumur hidup.Rasulullah SAW memuji orang yang berbekam karena dia membuang darah yang kotor,meringankan tubuh serta menajamkan pnglihatan.
JENIS-JENIS BEKAM
1.Jenis kering atau Bekam angin.
   Bertujuan untuk mengeluarkan angin yang bertoksin efeknya sama baik
   untuk melegakan rasa sakit secara emergensi tanpa melukai kulit
2.Jenis Darah atau Bekam Darah
  
Mengeluarkan darah,angina dan haba 
   berlebihan.Didahului dengan
   Bekam kering selama3-7 menit kemudian
   permukaan kulit dilukai sedikit
   dengan jarum kemudian
  disekitarnyadisedot untuk mengeluarkan toksin
                                            
WAKTU BERBEKAM YANG BAIK
Ibnus Sina dalam kitab beliau menjelaskan tentang waktu yang paling baik untuk berbekam adalah pada waktu tengah hari ( 14.00-15.00 ) karena pada waktu itu seluruh darah sedang mengembang dan darah-darah toksin sedang dikeluarkan.
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.a Nabi SAW bersabda : barang siapa berbekam pada 17,19,21 hari bulan hijriah maka itu adalah hari-hari menyembuhkan penyakit.
PERALATAN BEKAM
Pada zaman Rasulullah SAW beliau menggunakan kaca yang berupa cawan atau mangkuk tinggi.Pada zaman cina kuno mereka menyebut bekam sebagai”PERAWATAN TANDUK”karena tanduk menggantikan kaca.Pada kurun abad ke-18 orang-orang di eropa menggunakan LINTAH sebagai alat untuk berbekam.Sedangkan pada jaman sekarang ini sebagian besar orang yang berbekam menggunakan alat bekam yang modern.

0 komentar:

Posting Komentar