Follow Now.....!

Minggu, 22 April 2012

BUNGA UNTUK KESEHATAN


KHASIAT DIBALIK KECANTIKAN BUNGA

Bunga dengan keharumannya yang khas ternyata berkasiat untuk kesehatan, dari menenagkan pikiran sampai mencegah infeksi.Percaya atau tidak sekuntum bunga saja mampu mempengaruhi emosi seseorang. Penasaran oleh fakta itu Para Ilmuwan di state University of new jersey pun melakukan penelitian. Dari hasil penelitiannya mereka memang terbukti bahwa bunga mampu memicu kebahagiaan, meningkatkan rasa puas dan mempengaruhi prilaku social dalam arti positif. Untuk yang terakhir itu penjelasan mudah saja anda pasti senangkan menerima bunga dari orang yang anda cintai..? Tapi bunga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita bisa memanfaatkannya dalam bentuk teh dan bunga yang biasanya dijadikan teh adalah mawar, krisan dan melat.

                                   BUNGA MAWAR


Khasiat mawar  sudah begitu lama diketahui, di India misalnya mawar dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional ayurveda. Kandungan kimia dalam mawar mampu menciptakan keseimbangan antara tubuh, pikiran dan emosi. Mawar berkhasiat untuk mengatasi gangguan pada uterus yang menyebabkan terjadinya rasa sakit selama haid.Mawar mampu memperlancar haid,airnya juga berkhasiat menjaga kelembaban kulit jika digunakan secara teratur. Kwalitas bunga juga menentukan keberhasilan pemakaiannya,mawar yang berkwalitas biasanya mempunyai bau yang harum.Kelopak mawar yang segar bisa langsung diseduh bersama the hijau.Jangan lupa bersihkan sebelum digunakan bahan campuran minuman. Dengan minum the tersebut secara teratur setiap hari kita akan mendapatkan berbagai senyawa suplemen yang diperlukan tubuh termasuk senyawa anti oksidan. Jika ingin mengeringkannya cukup memasukkan kelopak yang sudah dipetik kedalam kantong kain dan diangin-anginkan, kelopak bunga yang sudah kering bisa langsung diseduh dengan campuran daun teh hijau.


MELATI


  Di negeri cina, teh bunga melati adalah minuman yang popular. Minuman ini merupakan perpaduan antara melati dan daun teh hijau maupun teh hitam. Cara mencampurnya pun sangat sederhana, melati tinggal dicampur begitu saja dengan daun teh. Melati yang dipetik pada tengah malam atau dini hari, langsung di campurkan dengan daun teh untuk mentranfer aromanya. Setelah empat jam bunga melati dig anti dengan yang baru dan demikian seterusnya sehingga dI hasilkan teh hijau beraroma melati. Kualitas teh yang bagus bisa diketahui  dari kuatnya aroma campuran tersebut. Khasiat dari the melati atau teh jasmine adalah sebagai antioksidan, kandungan minyak atsiri di dalam bunga melati bekerja sebagai anti kuman yang bisa mencegah atau menghalang infeksi yang merugikan kesehatan misalnya infeksi saluran cerna, selain itu senyawa di dalam bunga melati bisa merangsang pertumbahan bakteri usus yang berguna untuk membantu proses pencernaan. Minyak atsiri di dalam melati menimbulkan efek menenangkan sehingga bisa digunakan sebagai pengganti obat-obatan anti anestesi, terutama bagi bagi orang yang mengalami kegelisahan sebuah penelitian telah mengetahui salahsatu komponen mnyak melati yaitu linalool yang menyebabkan seseorang merasa tenang, linalool mampu menurunkan kecepatan detak jantung dan menghasilkan keadaan tenang.

KRISAN


  Dalam bahasa inggris Teh krisan populer dengan sebutan chrysanthemum tea. Teh ini dibuat dari bunga chrysanthemum yang berasal dari tanaman chrysanthemum indicum. Cara membuat teh krisan cukup mudah, cukup dicelupkan bunga krisan kering kedalam air mendidih selama sepuluh menit setelah itu teh disaring dan dapat diminum. Orang cina biasa menambakan air panas berulang-ulang untuk menghasilkan air teh yang tidak terlalu kental.
                The krisan  mengandung senyawa asam askarbonat, betakaroten, kalsium zat besi, vitamin B dan minyak atsiri sebagai anti oksidan. Senyawa tersebut mampu mencegah infeksi kuman yang menyebabkan flu, infeksi tenggorokan dan hidung tersumbat. Sebuah penelitian membuktikan minyak atsiri di dalam bunga krisan kaya akan kandungan senyawa golongan flavonoid. Senyawa ini bekerja sebagai penghambat pertumbuhan mikro organisme penyebab berbagai penyakit seperti gangguan saluran nafas dan saluran cerna, selain itu minyak atsiri tersebut berkhasiat sebagai anti kuman, anti jamur dan anti oksidan dalam sistem obat tradisional cina, teh krisan untuk mengatasi gangguan infeksi saluran nafas seperti penciuman.


0 komentar:

Posting Komentar